Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat dan
sekitarnya, Rumah Sakit Umum Daerah Asy-Syifa’ Sumbawa Barat melakukan analisa terkait
jumlah pasien yang mengalami gagal ginjal dan membutuhkan pelayanan. Lokasi rujukan pasien
untuk melakukan hemodialisa yang jauh karena harus ke pulau Lombok, RSUD Asy-Syifa’
Sumbawa Barat berinisiatif untuk menambahkan unit layanan baru yaitu Unit Hemodialisa.
Pada awal diresmikannya klinik hemodialisa RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat memberikan
pelayanan dari Senin sampai dengan Sabtu mulai jam 07.00 sampai selesai kegiatan dengan melayani
4 pasien per hari. Seiring dengan bertambahnya jumlah pasien yang mendaftar untuk mendapatkan
pelayanan hemodialisa, maka RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat menambahkan jumlah bed dan jam
pelayanan, menjadi 2 shift kecuali pada hari Rabu dan Sabtu. Klinik Hemodialisa juga melayani
hemodialisa cito untuk pasien yang membutuhkan sesuai dengan instruksi Dokter Penanggung
Jawab Pelayanan.
Rumah Sakit Umum Daerah Asy-Syifa’ Sumbawa Barat terus melakukan inovasi terkait
layanan hemodialisa maka unit hemodialisa kembali melakukan inovasi dengan membuat whatsapp
grup yang beranggotakan pasien dan keluarga pengantar pasien. Grup whatsapp ini diperuntukan
untuk berbagi informasi terkait pelayanan hemodialisa berupa penginformasian jadwal pelayanan,
berbagi informasi tentang asupan gizi hemodialisa dan wadah untuk saling memotivasi dalam proses
pengobatan.
Berangkat dari kondisi karena pelayanan Hemodialisa dilaksanakan pada pagi hari yaitu mulai
jam 06.30 sehingga keluarga pasien hanya sempat untuk menyiapkan bekal makan untuk pasien
sesuai dengan anjuran dokter, tetapi tidak sempat untuk menyiapkan makanan untuk diri sendiri,
terutama pasien yang berasal dari luar KSB, maka pada awal tahun 2021 sebagai bentuk kepedulian
dari RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat menyiapkan makanan untuk sarapan keluarga pasien
Hemodialisa yang bertujuan untuk meringankan dan memberikan kemudahan bagi keluarga pasien
sehingga dapat fokus dan tetap sehat dalam mendampingi keluarganya dalam melalui proses
pengobatan.
Dengan adanya inovasi Pelayanan Hemodialisa CLBK (Care, Love, and Be Healty Kidney)
yang diciptakan, diharapkan dapat mempermudah dan memaksimalkan pelayanan yang diberikan
oleh unit hemodialisa kepada pasien dan kelaurga pasien.