Pelayanan publik merupakan tolak ukur kinerja pemerintah yang paling kasat mata.
Masyarakat dapat menilai langsung kinerja pemerintah berdasarkan pelayanan yang diterimanya.
Hasil penilaian masyarakat terhadap pelayanan publik merupakan salah satu indikator penilaian
kinerja pemerintah daerah melalui berbagai dokumen monitoring dan evaluasi baik bagi pemerintah
daerah maupun pemerintah pusat melalui lembaga-lembaga negara.
Guna mencapai target pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kabupaten Sumbawa Barat
khususnya di DPMPTSP, maka Bidang PTSP melakukan inisiasi mandiri pelaksanaan dibutuhkan
Survei IKM secara elektronik melalui e-SKM PTSP.
Inovasi yang digagas oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan
menjadi juara 1 Anugerah Inovasi Daerah Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2022 ini memiliki 2
manfaat utama, yaitu dari sisi efektivitas dan sisi efisiensi, baik di internal perangkat daerah maupun
di tingkat Kabupaten. Aplikasi ini memberikan keluaran yang siginifikan berupa efektivitas dan
efisiensi IKM, pengarsipan secara elektronik, evaluasi dan monitoring penilaian IKM, pemenuhan
data penilaian SKM dan inovasi. Berjalan menggunakan web browser dengan tampilan responsive di
berbagai media digital, aplikasi ini dapat digunakan tanpa perlu menginstal terlebih dahulu sepanjang
terkoneksi dengan jaringan internet.
ahapan pembangunan aplikasi meliputi Perencanaan Analisis SWOT proses bisnis existing
dan Business Requirement untuk memetakan prioritas kebutuhan (tabel analisis SWOT existing dan
Matriks kebutuhan aplikasi), Analisis dan desain Penyusunan dan desain kebutuhan non fungsional
(perangkat lunak, perangkat keras, pengguna) dan kebutuhan fungsional (sistem, data, database, user
interface /user experience), Implementasi Setelah diperoleh kebutuhan fungsional dan non-
fungsional aplikasi, dilanjutkan pembuatan aplikasi e-SKM PTSP.
Tujuan Inovasi Daerah ini adalah meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelaksanaan penilaian
IKM untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna layanan dalam rangka meningkatkan kualitas Tujuan Inovasi Daerah ini adalah meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelaksanaan penilaian
IKM untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna layanan dalam rangka meningkatkan kualitas
penyelenggaraan pelayanan publik secara berkala, mendorong partisipasi/umpan-balik pengguna
layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan publik, mendorong penyelenggara
pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, mendorong penyelenggara
pelayanan publik menjadi lebih inovatif dalam penyelenggaraan pelayanan publik, mengukur
kecenderungan tingkat kepuasan pengguna layanan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik,
mengetahui kelemahan atau kekurangan dari masing-masing unsur penyelenggara penyelenggaraan
pelayanan publik, dan rencana tindak lanjut untuk peningkatan kualitas dan inovasi penyelenggaraan
pelayanan publik oleh unit penyelenggara pelayanan publik secara berkelanjutan Sebagai bahan
penetapan kebijakan yang perlu diambil untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan
publik